PERMINTAAN MAAF FA KEPADA KELUARGA KORBAN HILLSBOROUGH

agen bola online – PERMINTAAN MAAF FA KEPADA KELUARGA KORBAN HILLSBOROUGH

Setelah sebelumnya Perdana Menteri Inggris, David Cameron, mengeluarkan permintaan maaf atas terjadinya “Tragedi Hillsborough”, kini giliran Asosiasi sepakbola Inggris, FA yang melakukan hal serupa dengan David Cameron dan mengakui kesalahannya karena telah memilih stadion tersebut sebagai tempat pertandingan final Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest.

Setelah 23 tahun lamanya mencari keadilan atas tuduhan tak berdasar itu, terkait penyebab hilangnya nyawa 96, yang semuanya merupakan suporter Liverpool, akhirnya pihak keluarga para suporter itu mendapat keadilan yang seharusnya mereka dapatkan. Penyelidikan yang di lakukan selama dua tahun terakhir dan melibatkan sekiranya 4.000 berkas terkait insiden yang terjadi di laga antara Liverpool dan Nottingham Forest itu, akhirnya dapat disimpulkan bahwa kelalaian petugas keamanan lah yang membuat insiden itu terjadi sehingga menelan banyak korban jiwa.

Pemerintah Inggris yang di wakili melalui PM David Cameron sudah membuat permintaan maaf secara publik kepada pihak keluarga korban dan sehari setelahnya giliran FA yang melakukan hal serupa.

FA dalam hal ini menjadi pihak yang ikut bertanggung jawab, karena sudah memilih stadion Hillsborough yang tak mempunyai sertifikat keamanan, sebagai tempat di helatnya laga antara Liverpool dan Nottingham yang keduanya merupakan klub dengan kekuatan besar di Inggris saat itu.

“Kami sangat menyesal atas terjadinya tragedi di stadion yang dipilih oleh FA itu. Pertandingan ini merupakan salah satu pertandingan dari kompetisi FA, dan atas nama Asosiasi sepakbola Inggris (FA) saya meminta maaf yang sedalam-dalamnya dan kami turut berduka cita kepada seluruh keluarga yang kehilangan dan untuk semua yang berhubungan dengan kota Liverpool dan Liverpool FC tentunya,” ujar Presiden FA, David Bernstein.

“Ini seharusnya tidak pernah terjadi. Tidak ada satu orang pun yang berharap kehilangan nyawanya saat sedang menonton pertandingan sepakbola dan jelas ini adalah suatu kekecewaan yang mendalam serta kesedihan mengingat membutuhkan waktu lama untuk bukti-bukti serta kebenaran bisa diberitakan,” tuntas Bernstein.

Tragedi Hillsborough merupakan sejarah yang kelam bagi sepak bola Inggris. Insiden ini terjadi saat Liverpool bertemu Nottingham Forest pada semifinal FA Cup, tepatnya pada 15 April 1989. Sebanyak 96 penonton tewas setelah berdesak-desakan dan terinjak-injak di stadion yang berkapasitas 39 ribu kursi itu. Banyak pihak yang berusaha menutup-nutupi kejadian ini dari sorotan publik, termasuk pihak kepolisian Inggris yang dianggap paling bertanggung jawab atas tragedi ini. Bahkan belakangan muncul isu,bahwa kesalahan justru ditimpakan kepada fans Liverpool. FA juga selama ini terkesan lepas tangan atas kejadian tersebut. Yang memakan 96 korban yang notabene-Nya adalah pendukung Liverpool FC. – agen taruhan bola

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s