Timnas garuda targetkan lolos juara grup

agen bola online – Walaupun masih ada ganjalan berbagai macam problem dalam melakukan persiapan, pelatih Timnas Indonesia tetap menargetkan skuad “Merah Putih” untuk bisa lolos sebagai juara grup di Piala AFF 2012. Pada kejuaraan sepakbola antar negara di kawasan Asia Tenggara ini, Indonesia berada di Grup B bersama dengan sang tuan rumah Malaysia, Singapura, dan Laos.

Bambang Pamungkas dan kawan-kawan akan mengikuti laga pertama mereka kontra Laos pada hari Minggu, 25 November 2012 mendatang, lalu meladeni Singapura pada hari Rabu, 28 November 2012 dan pertandingan terakhir menghadapi Malaysia pada hari Sabtu, 1 Desember 2012.

Jika Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal, tim “Garuda” akan bertemu tim nasional Myanmar, Vietnam, Thailand, atau Filipina. Namun, Fabio mengaku belum memikirkan sampai sejauh itu. “Yang terpenting kami lolos menjadi juara grup karena jadi sebuah keuntungan bagi kami, karena akan bertandang terlebih dahulu sebelum bermain di kandang sendiri,” jawabnya.

Untuk mencapai target itu, pelatih Timnas Indonesia Nilmaizar terlihat terus-menerus berusaha untuk membenahi kelemahan yang ada pada timnya dan fokus dalam memperbaiki lini pertahanan. Menurutnya, setelah laga uji coba melawan Kamerun, lini tersebut kerap kewalahan menghadapi gempuran tim asal Afrika itu. Beruntung, kiper Endra Prasetya dan Wahyu Tri Nugroho yang masuk di babak kedua mampu tampil bagus, sehingga tidak ada gol yang bersarang.

Nil kelihatannya telah mengaturs komposisi penting untuk daerah lini belakang. Dalam dua laga uji coba kontra Timor Leste dan Kamerun, mantan arsitek Semen Padang menurunkan pemain yang sama. Duet Wahyu Wijiastanto dan Handi Ramdan mengisi posisi bek tengah. Sementara, Nopendi dan Novan Setya Sasongko menjadi bek sayap.

Selain barisan belakang, Nil juga menilik tentang belum optimalnya penampilan dari lini depan penyerangan. Dari enam kali uji coba terakhir, baru Irfan Bachdim dan Bambang Pamungkas yang mampu menciptakan gol. Sedangkan, striker pengganti seperti Samsul Arif, M Rahmat, dan Johnny Van Beukering belum menunjukan ketajamannya.

Usai melakoni dua kali pertandingan uji coba, Timnas Indonesia kembali menjalankan program latihannya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, kemarin pagi dan sore hari. Terhitung ada sejumlah 23 pemain yang mengikuti jalannya latihan yang dipimpin langsung oleh Nil dan Fabio. Dua pemain yang sebelumnya mengalami cedera yaitu penjaga gawang Endra Prasetya dan Handi Ramdan juga sudah bergabung dalam latihan.

Nil menyatakan, dari ke-23 pemain itu bakal ada salah seorang pemain yang dicoret dari Timnas karena ketentuan maksimal jumlah 22 pemain yang akan dibawa ke Malaysia. Namun, pelatih 42 tahun itu masih enggan untuk menyebutkan satu pemain tersebut dan baru akan mengumumkan tim inti pada Selasa (20/11) ini.

Akan tetapi, satu nama pemain yang bakal dicoret hampir bisa ditebak adalah Raphael Mautimo. Sebab, pemain keturunan Belanda itu sampai saat ini juga belum memiliki paspor Indonesia dan belum masuk melalui prosedur naturalisasi hingga saat ini. – agen taruhan bola

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s