Indonesia di puncak grup tapi belum tentu lolos

agen bola online – Grup B Piala Suzuki AFF 2012 merupakan grup aling sengit di antara grup-grup yang lain karena semua tim masih berpeluang lolos ke semifinal. Saat ini Indonesia telah berada di puncak grup dengan empat poin, namun belum tentu lolos. Singapura dan Malaysia sama-sama mengantongi nilai tiga sehingga kans kedua tim juga terbuka lebar. Laos yang berada di dasar klasemen dengan satu poin pun masih berpeluang lolos jika menang atas Singapura pada laga terakhir, Sabtu (1/12).

Para peracik tim di Grup B harus berhitung cermat. Sabtu besok, Laos akan melawan Singapura di Stadion Shah Alam dan Malaysia menjalani laga hidup mati melawan musuh bebuyutan, Indonesia, di Stadion Bukit Jalil. Kedua laga digelar bersamaan, pukul 20.45 waktu Kuala Lumpur, Malaysia. Hitung-hitungan tim mana yang akan lolos merujuk pada Aturan Turnamen Piala AFF 2012, yang mengadopsi sebagian aturan di Piala Dunia FIFA. Aturan ini tercantum dalam Pasal 8 Ayat 8.2 Poin 8.2.5. Peringkat tim ditentukan berdasar jumlah poin kesebelasan setelah tiga laga, lalu selisih gol, dan ketiga, jumlah gol yang dicetak setiap tim.

Jika masih ada dua atau lebih tim berhasil mengemas nilain yang sama setelah diterapkan tiga kriteria di atas, peringkat ditentukan berdasarkan hasil pertemuan kedua tim (head to head). Jika peringkat belum berubah dan tim-tim yang diperhitungkan masih menjalani pertandingan, dilakukan adu penalti. Langkah terakhir yang dilakukan jika peringkat tim masih sama adalah pengundian oleh Panitia Penyelenggara Piala Suzuki AFF 2012. Dengan mengacu pada aturan di atas, jika laga Singapura melawan Laos dan Malaysia melawan Indonesia berakhir imbang, yang akan lolos adalah Indonesia dan Singapura. Malaysia tersingkir karena kalah selisih gol dari Singapura. Klasemen saat ini, Singapura memiliki selisih gol 2, Indonesia 1, Malaysia 0, dan Laos -3.

Indonesia hanya butuh satu poin lagi untuk lolos ke semifinal, sedangkan Malaysia harus menang. Apabila laga superpanas ini berakhir imbang, Malaysia hanya bisa lolos ke semifinal jika Laos menang atas Singapura dengan selisih gol kurang dari tiga. Pelatih Indonesia Nil Maizar menegaskan, skuad ”Garuda” tetap menargetkan tiga poin untuk lolos ke semifinal. Pemain harus tetap fokus dan berkonsentrasi menuai kemenangan, bukan hasil imbang.

”Kita harus mulai fokus menghadapi Malaysia. Berhadapan dengan Malaysia merupakan perjuangan harga diri bangsa dan harga diri kita sendiri untuk berbuat terbaik untuk bangsa,” ujar Nil Maizar. Pelatih Malaysia Datuk K Rajagobal berujar, ”Ini akan sangat menarik dan tidak mudah.

Sebagai pelatih, saya percaya kepada tim ini dan optimistis.” Para pemain berlatih ringan pada Kamis pagi di halaman belakang hotel tim. Suasana pemain ceria dan santai setelah menang 1-0 atas Singapura. Suasana latihan juga dimeriahkan perayaan ulang tahun ke-26 Taufiq.

Gelandang yang tampil brilian sebagai pembagi bola pada laga versus Singapura itu disiram air kopi dan telur di tepi kolam renang.Perayaan ulang tahun sederhana ini dimeriahkan pula oleh dokter tim Syarief Alwi yang menyanyikan lagu cinta era 1970-an. Para pemain juga dibebaskan dari latihan sore yang diisi dengan berwisata ke pusat perbelanjaan di Kuala Lumpur atau beristirahat di hotel.

Jika menang atas Singapura dengan lebih dari tiga gol, Laos masih punya kesempatan untuk lolos, dan Malaysia imbang dengan Indonesia. Laos juga bisa lolos dengan kemenangan berapa pun atas Singapura dan Malaysia kalah dari Indonesia. Sementara Singapura bisa lolos dengan hasil imbang jika Malaysia kalah atau imbang dengan Indonesia. Situasi ini sangat tidak nyaman bagi tim polesan Pelatih Radojko Avramovic ini, yang pada laga perdana menang telak. (sumber: kompas.com) – agen taruhan bola

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s